Entri Populer

Minggu, 20 Maret 2011

Materi III ISBD

Disusun untuk tugas mata kuliah Ilmu Sosial Budaya Dasar
Dosen pengampu : Ana Maulana,M.Pd
Oleh :
Gine Nurfitri Lestari
10511086
IB
Pendidikan Matematika
STKIP GARUT

Manusia Sebagai Makhluk Sosial
Manusia sebagai individu ternyata tidak mampu hidup sendiri. Ia dalam menjalani kehidupannya akan senantiasa bersama dan bergantung pada manusia lainnya. Menurut kodratnya manusia adalah makhluk sosial atau makhluk bermasyarakat.
Manusia Dikatakan Sebagai Makhluk Sosial Karena Beberapa Alasan, Yaitu :
 Manusia tunduk pada aturan, norma sosial.
 Perilaku manusia mengharapkam suatu penilaian dari oranglain.
 Manusia memiliki kebutuhan untuk berinteraksi dengan oranglain.
 Potensi manusia akan berkembang bila ia hidup ditengah – tengah manusia.
Peranan Manusia Sebagai Makhluk Individu Dan Makhluk Sosial
Sebagai makhluk individu, manusia memiliki harkat dan martabat yang mulia. Dalam bergaul kelompok sosial ini, manusia membutuhkan norma – norma pengaturannya dalam dimensi sosial muncul kewajiban dasar manusia. Kewajiban dasar manusia adalah menghargai hak dasar orang lain serta mentaati norma – norma yang berlaku dimasyarakatnya.
Manusia Sebagai Makhluk Politik
Sebagai makhluk politik manusia selalu membutuhkan orang lain dan memiliki strategi dalam mempertahankan kehidupannya, sehingga kehidupannya dengan masyarakat dan organisasi sosial merupakan sebuah keharusan. Allah telah memberikan watak agresif yang alami bagi setiap makhluk. Manusia diberi kemampuan untuk berfikir. Dengan akalnya manusia bisa mempertahankan hidupnya. Maka dari itu, timbulah suatu cara agar manusia dapat memenuhi keinginannya dan bias bersaing mengalahkan orang lain yang dinamakan dengan politik. Dengan politik manusia bias merencanakan dan menyusun strategi dalam bertindak. Karena manusia tidak lepas dari yang namanya politik, maka dari itu manusia dinamakan sebagai makhluk politik.
Manusia Sebagai Makhluk Ekonomi
 Ekonomi merupakan salahsatu ilmu sosial yang mempelajari aktivitas manusia yang berhubungan denganproduksi, distribusi, pertukaran, dan konsumsi barang dan jasa. Untuk memenuhu kebutuhannya, manusia melakukan berbagai kegiatan. Kegiatan tersebut harus sesuai dengan kemampuannya. Kegiatan inilah yang menunjukan kedudukan manusia sebagai makhlu ekonomi ( homo economicus ). Sebagai makhluk ekonomi yang bermoral, manusia berusaha memilih dan menggunakan sumber daya yang ada untuk memenuhi kebutuhannya dengan memperhatikan nilai – nilai agama dan norma – norma sosial, tidak merugikan orang lain, menggunakan sumber daya alam secara selektif, serta memerhatikan kelestarian lingkungan.
Manusia Sebagai Makhluk Psikologi
Manusia adalah makhluk psikologi yang memiliki bawaan unik dan terus dikaji oleh para ahli humaniora. Manusia adalah insane bila dilihat dari sudut pandang psikologinya.
Manusia Dan Permasalahannya
Masalah adalah kesenjangan antara harapan dengan kenyataan. Pada masyarakat terdapat gejala – gejala seperti norma – norma, kelompok sosial, lapisan masyarakat, lembaga kemasyarakatan, dan proses sosial yang apabila berjalan tidak normal maka akan menyebabkan kekecewaan dan penderitaan akibat dari unsur – unsur masyarakat tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Kenapa disebut masalah sosial karena bersangkutan dengan hubungan kerangka bagia – bagian kebudayaan yang normatif.
Cara merumuskan masalah sosial :
 Dengan membuat indeks – indeks ( INDEKS SIMPLE RATES )
Yaitu angka laju gejala – gejala abnormal dalam masyarakat.

 Composite Indices gabungan indeks – indeks dari bermacam – macam aspek yang mempunyai kaitan kaitan satu sama lain ( social unrest = keselarasan sosial )
Penyebab masalah sosial diklasifikasikan dalam 4 kategori :
a. Factor ekonomis : kemiskinan, pengangguran
b. Factor biologis : penyakit
c. Factor psikologis : syaraf, bunuh diri
d. Factor kebudayaaan : perceraian, kejahatan

Gejala dan masalah sosial merupakan ungkapan hasil hubungan beberapa aspek kehidupan sosial. Dalam kerangka kerja studi sosial kita dituntut menghubungkan beberapa bidang ilmu pengetahuan sosial sesuai dengan gejala dan masalah yang sedang kita telaah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar